Pengunjung

Selasa, 29 Januari 2013

Robot Kontrol Bolabot Menggunakan Infrared

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali aplikasi dari remote kontrol infrared yang sering banyak kita jumpai disekitar kita. seperti remote televisi, sistem pemanas dll. Pada bab sebelumnya, telah dijelaskan tentang kontrol robot menggunakan wireless UHF TLP/RLP 315 MHz. Maka pada bab ini, kita juga dapat mengontrol robot menggunakan infra merah (IR). Robot Kontrol Bolabot menggunakan Infrared hasil karya kami bisa dilihat pada gambar dibawah ini:



Prinsip kerja kontrol infra merah ini sama dengan kontrol wireless UHF,  keduanya menggunakan sistem komunikasi serial USART. Yang membedakan wireless UHF dan IR adalah pembawa informasinya saja Tiap hari kita tentu sering menggunakan remote TV??  Pada remote TV tersebut kita menggunakan infra merah untuk menghidupkan, mematikan, dan memilih menu TV kita. Untuk mengontrol robotpun dapat dilakukan menggunakan kontrol IR.


Untuk membuat simulasi robot kontrol infra red di proteus, dapat kita lakukan dengan menghubungkan sistem transmitter dan receiver mikrokontroler dengan komponen optocoupler yang sebenarnya menghubungkan tapi tidak secara langsung. Berikut adalah desain simulasi proteus sistem robot kontrol digital menggunakan IR.


Untuk membuat robot actual dari skema tersebut, maka optocoupler diganti dengan komponen IR transmitter module 38 KHz di bagian Transmitter remote kontrol dan IR receiver module 38 KHz di bagian Receiver Robot. Penjelasan secara lengkap bisa dilihat di video dibawah ini:

 Sumber: http://www.bolabot.com/

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan