Pengunjung

Senin, 01 April 2013

Metode Numerik Menggunakan Runge Kutta Orde 4


Metode numerik adalah satu-satunya metode alternatif yang ada dalam upaya menyelesaikan persoalan-persoalan matematis. Metode yang lain dikenal dengan sebutan metode analitik. Ada dua alasan umum mengapa pilihan dijatuhkan kepada metode numerik. Alasan pertama metode ini memberikan keefesienan dan keefektipan di dalam menyelesaikan perpersolan-persoalan matematis dikarenakan berkembangnya perangkat keras dan lunak computer akhir-akhir ini. Alasan yang lain adalahmetode numerik memungkinkan untuk mengkaji parametrik dari persoalan dengan medan yang bersifat sembarang. Alasan yang terakhir ini lebih bermakna ketidakmampuan metode analitik untuk menyelesaikan persolan-persoalan matematis aplikasi yang kompleks.

Dalam banyak literatur analisa numerik diungkapkan bahwa di dalam me-tode numerik keputusan menerima atau menolak suatu jawaban aproksimasi berdasarkan kepada toleransi kedekatan yang disepakati. Toleransi yang di-buat menyangkut kesepakatan kesalahan yang ditimbulkan oleh rumus yang digunakan. Tentu semakin kecil kesalahan yang ditimbulkan oleh penggunaan suatu rumus maka semakin baik hasil aproksimasi yang dihasilkan.

Dalam penelitian ini akan digunakan metode numerik untuk menyelesaikan sistem persamaan diferensial yang dikenal dengan metode Runge-Kutta orde-4. Metode penyelesaian persamaan diferensial dengan truncation error yang jauh lebih kecil. Persamaan-persamaan yang menyusun metode Runge-Kutta orde-4 adalah :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Izin sharing, Program Numerik (update terbaru) untuk memecahkan berbagai persoalan matematik. Silahkan download di: http://www.uploadmb.com/dw.php?id=1373218338

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan