Pengunjung

Minggu, 07 April 2013

Prinsip Sistem Keamanan Komunikasi Berbasis Chaos


Pada tahun 1990, Louis M. Pecora dan Thomas L. Carrol pertama menemukan fenomena sinkronisasi dua sistem chaos identik. Kita tahu bahwa kekacauan deterministik dapat menghasilkan perilaku dinamik chaos. Oleh karena itu, sinyal chaos sangat cocok untuk dijadikan sistem keamanan komunikasi. Pada tahun 1993, Cuomo dan Oppenheim menyajikan skema pertama dari perang-kat komunikasi dua osilator Lorenz yang identik.

Setelah itu, bidang chaos menarik minat luar biasa dari para peneliti dunia dari daerah yang berbeda dan beberapa skema simetris chaos berbasis komuni-kasi yang aman telah disajikan. Diagram skema komunikasi chaos yang aman ditunjukkan pada Gambar dibawah ini:


Prinsip: Informasi rahasia oleh sinyal chaos pada pemancar, dan kemudian dikirim ke penerima melalui saluran publik. Akhirnya sinyal terenkripsi oleh penerima. Dalam skema ini, masalah utama adalah bahwa dua generator kekacauan chaos yang identik dalam transmitter dan receiver perlu disinkronkan.

Sinkronisasi sistem chaos merupakan isu kunci dalam sistem chaos simetris berbasis skema komunikasi yang aman. Ini adalah fenomena yang mungkin terjadi ketika dua, atau lebih, osilator chaos digabungkan. Karena efek kupu-kupu, yang menyebabkan perbedaan eksponensial dari lintasan dari dua sistem chaos yang identik dimulai dengan kondisi awal hampir sama, memiliki dua sistem chaos yang berkembang selaras mungkin muncul cukup mengejutkan. Namun, sinkronisasi osilator chaos adalah fenomena eksperimen dan cukup dipahami secara teoritis

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan