Pengunjung

Selasa, 09 April 2013

Rangkaiaan Inverting dan Non-Inverting

Rangkaiaan  Inverting


Rangkaian penguat inverting merupakan rangkaiaan elektronika yang berfungsi untuk memperkuat dan membalik polaritas sinyal masukan. Jadi, ada tanda minus pada rumus penguatannya. Penguatan inverting amplier adalah bisa lebih kecil nilai besaran dari 1. Rangkaiaan inverting dideskripsikan oleh Gambar dibawah ini:


Sebuah penguat pembalik menggunakan umpan balik negatif untuk membalik dan menguatkan sebuah tegangan. Resistor Rf melewatkan sebagian sinyal keluaran kembali ke masukan. Karena keluaran tak sefase sebesar 180 derajat, maka nilai keluaran tersebut secara efektif mengurangi besar masukan. Rumus dari rangkaiaan inverting dideskripsikan oleh persamaan  di bawah ini:
 Rangkaiaan Non-Inverting

Penguat non-inverting amplier merupakan kebalikan dari penguat inverting, dimana input dimasukkan pada input non-inverting sehingga polaritas output akan sama dengan polaritas input tapi memiliki penguatan yang tergantung dari besarnya hambatan feedback dan hambatan input. Rangkaiaan Non-Inverting dideskripsikan oleh Gambar dibawah ini:

Penguat ini memiliki masukan yang dibuat melalui input non-inverting. Dengan demikian tegangan keluaran rangkaian ini akan satu fasa dengan tegangan inputnya. Rumus dari rangkaiaan non-inverting dideskripsikan oleh persamaan  di bawah ini:

6 komentar:

Anonim mengatakan...

gambarnya kebalik mas, mestinya gamabr inverting untuk non-inverting dan sebalknya

fisikawan muslim mengatakan...

Gak ko mas... Inverting kan inputanya negatif. Kalo masih ragu. silahkan cek di ref buku yang lain. heheh

Sidik Mahfudin mengatakan...

rumusnya yg kebalik mas broooo
inverting Vo= -(Rf/Ri)x Vi

non inverting Vo= [1+(Rf/Ri)]x Vi

Unknown mengatakan...

Rumusnya ketuker itu mas...

fisikawan muslim mengatakan...

@Elektro... Thanks you mas brow koreksinya. ternyata saya saya nulis rumus. Terimakasih sudah mengoreksi tulisan saya ^_^.... Trima kasih mas Rudi atas Koreksinya. Silahkan baca artikel lain takut ada kesalahan ^_^. Rumus artikel ini sudah saya perbaiki ^_^

Unknown mengatakan...

thank you infonya mas jangan lupa berkunjung di http://saepulmalik27.blogspot.com

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan