Pengunjung

Sabtu, 06 Juli 2013

Implementasi Region of Interest (ROI) Menggunakan Image Processing

Region of Interest (ROI) merupakan salah satu fitur yang tersedia dalam JPEG2000. ROI memungkinkan dilakukannya pengkodean secara berbeda pada area tertentu dari citra digital, sehingga mempunyai kualitas yang lebih baik dari area sekitarnya. Fitur ini menjadi sangat penting, bila terdapat bagian tertentu dari citra digital yang dirasakan lebih penting dari bagian yang lainnya.

Metode yang digunakan untuk pengkodean ROI ini adalah Metode Maxshift. Prinsip utama pada pengkodean ROI ini adalah dengan menggeser bitplane dari koefisien yang dipilih sebagai ROI, sehingga menempati posisi yang lebih tinggi daripada bitplane sekitarnya. Karena menggunakan metode Maxshift, pergeserannya dilakukan sampai batas maksimal, sehingga seluruh bitplane dari koefisien ROI berada di atas bitplane dari area sekitarnya. Hal ini menyebabkan, pengkodean pada ROI akan menghasilkan area dengan kualitas maksimal dibandingkan area sekitarnya. Pada tahapan pengkodean entropi, koefisien yang dipilih untuk ROI, akan dikodekan terlebih dahulu, daripada koefisien yang lainnya.

Untuk melakukan ROI, perlu diidentifikasi koefisien–koefisien yang termasuk dalam ROI. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah ROI mask, yang merupakan indikator dari koefisien yang termasuk ROI atau bukan. Umumnya yang digunakan sebagai penanda merupakan sebuah angka biner, yang dimiliki oleh piksel–piksel yang termasuk area ROI. Penanda tersebut berperan sebagai pemetaan area dari citra digital yang termasuk ROI. Pada proses DWT pun, mask tersebut akan berubah, mengikuti transformasi yang dilakukan pada citra digital. Sehingga pada akhirnya akan diperoleh informasi mengenai koefisien yang termasuk ROI.

Bentuk lain atau area yang berbentuk tidak beraturan yang ingin dipisahkan dari image induk maka didefinisikan sebagai ROI (Region of Interest) dimana di MATLAB terdapat banyak sekali fungsi yang bisa digunakan, salah satunya yaitu  roipoly(I,c,r) dimana I adalah matrik gambar, c adalah matrik titik kolom daerah yang menjadi ROI dan r adalah matrik titik baris daerah yang menjadi ROI. Source code Matlab untuk ROI sebagai berikut:

gambar=imread('aceng.jpg')
I=gambar(:,:,1);
c = [625 685 733 798 816 753 667];
r = [327 282 247 288 221 402 427];
BW = roipoly(I,c,r);
j = roifill(I,c,r);
figure, imshow(gambar)
figure, imshow(I)
figure, imshow(BW)
figure, imshow(j)
% image procssing




0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan