Pengunjung

Kamis, 09 Januari 2014

Menyelesaikan Sirkuit Chen-Lee Menggunakan Matlab dan MultiSIM



Sistem Chen-Lee berbasis chaos telah dikembangkan berdasarkan persamaan Euler untuk memodelkan persamaan gerakan tubuh kaku. Hal ini membuktikan bahwa sistem ini merupakan himpunan yang mengatur dari persamaan gerak gyro dengan kontrol umpan balik. Baru-baru ini, penelitian dilakukan untuk mengeksplorasi perilaku dinamis dari sistem ini. Dalam studi ini, kami lebih mengeksplorasi terhadap sirkuit elektronik menggunakan Sistem Chen-Lee dengan menggunakan Matlab dan Multisim.

Hal ini juga diketahui  bahwa sistem Lorenz adalah sistem chaos autonomous tiga dimensiTopik utama adalah pencarian tiga- dimensi (3-D )  attractor chaos baru yang dihasilkan oleh sistem seperti sistem Lorenz yang umum dengan kuadrat non-linearitas. Sebagai contoh, Vanecek dan Celikovsky, memperkenalkan apa yang disebut umum sistem Lorenz. lebih Baru-baru ini, Chen, Lu et al  menemukan beberapa sistem chaos serupa tapi non -setara . Selain itu,  Elikovsky dan Chen menyajikan  Lorenz  dalam bentuk kanonik umum, termasuk tipe hiperbolik, yang meliputi kelas yang sangat besar 3 - D kuadrat sistem chaos autonomous.



Persamaan sirkuit Chen-Lee di definisikan oleh persamaan di bawah ini:

dimana variabel a=3, b=-5 dan c=-1. Dengan menggunakan metode Runge Kutta maka kitaa akan memperoleh hasil secara numerik dengan bantuan software Matlab. Hasil diagram fase persamaan Chen-Lee bisa di lihat di bawah ini:



Sistem Chen-Lee dapat direpresentasikan sebagai rangkaian osilator elektronik seperti yang di ditampilkan pada gambar di bawah ini. Dalam sirkuit Chen Lee telah diselidiki sistem dengan analisis numerik menggunakan berbagai kondisi awal dan menggunakan parameter sistem yang berbeda. Untuk memverifikasi sirkuit, kami telah mengimplementasikan dengan menggunakan paket simulasi elektronik Multisim.



0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan