Pengunjung

Minggu, 31 Maret 2013

Persamaan Diferensial

Persamaan diferensial banyak muncul sebagai persamaan yang sangat penting dalam sika terapan, karena banyak hukum dan hubungan sis secara ma-tematis muncul dalam bentuk persamaan ini. Persamaan diferensial adalah sebuah persamaan yang mengandung derivatif atau diferensial dari satu atau lebih variabel terikat terhadap satu atau lebih variabel bebas. Variabel bebas yaitu variabel yang nilainya tidak bergantung variabel lain, sedangkan variabel terikat nilainya bergantung dari nilai variabel lain

Sebagai contoh dalam sika, persamaan diferensial dari hukum Newton II timbul karena gejala alam, yang menerangkan bahwa massa kali percepatan dari suatu benda sama dengan gaya luar yang bekerja pada benda tersebut. Persamaan diferensial terbagi menjadi dua jenis yaitu persamaan diferensial biasa dan persamaan diferensial parsial.

Persamaan Diferensial Biasa

Persamaan diferensial biasa adalah persamaan diferensial yang menyangkut satu atau lebih fungsi (peubah tak bebas) beserta turunannya terhadap satu peubah bebas. Persamaan model matematika bandul merupakan contoh persamaan diferensial biasa yang dideskripsikan oleh persamaan dibawah ini:
Persamaan diferensial biasa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu persamaan diferensial biasa orde 1, orde 2 sampai orde ke n, yang mana perbedaannya terletak pada berapa kali persamaan tersebut diturunkan

Persamaan Diferensial Parsial

Persamaan diferensial parsial adalah persamaan diferensial yang menyangkut satu atau lebih fungsi (peubah tak bebas) beserta turunannya terhadap lebih dari satu peubah bebas. Persamaan gelombang satu dimensi merupakan contoh sistem persamaan diferensial yang dideskripsikan oleh persamaan dibawah ini:

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan