Pengunjung

Sabtu, 22 Februari 2014

Membuat Buzzer dengan proteus menggunakan software Arduino

Kali ini saya akan mencoba untuk mengembangkan sistem pembelajaran input output menggunakan out put suara. Sebelumnya saya sudah memberikan penjelasan tentang Output cahaya pada Running LED. Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba mengembangkan sistem output menggunakan Buzzzer. Seperti biasa silahkan buat dulu desain di proteus seperti  di bawah ini. 


Pada skema di atas saya desain arduino pin 13 di hubungkan pada resistor 220 ohm. dari resistor tersebut di hubungkan dengan transistor 2N222A , selanjutnya dihubungkan ke basis. kaki satu di hubungkan ke ground dan kaki yang satu lagi di hubungkan ke buzzer. Selanjutnya buzzer di hubungkan ke Vcc. Untuk Buzzer silahkan rubah dari 12 volt menjadi 5 volt.

Untuk pemograman arduino, saya menggunakan fungsi delay yang berguna untuk mengatur jeda waktu dari suara buzzer ketika hidup dan mati. Berikut saya tampilkan program buzzer yang sudah saya buat ^_^.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

kal progrma untuk mengatur suaranya dengan sensor US gmana ?

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan