Pengunjung

Jumat, 28 Juni 2013

Akhirnya Jadi Sarjana Fisika Sains UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Detik- detik sidang munaqosah yang sangat begitu alot akhirnya bisa dilalui juga dengan susah payah. Pada tanggal 22 Februari 2013, saya dinyatakan lulus sebagai sarjana fisika sains uin bandung dengan jangka waktu 3,5 tahun. Menjadi sebuah kebanggan menjadi orang yang pertama lulus dari teman angkatan fisika 2009. Tetapi itu semua masih belum berakhir masih banyak cita-cita yang mesti saya kejar dan saya raih. Selama menjadi mahasiswa banyak sekali kenangan yang indah dan lucu. 

 Pertama datang ke UIN Bdg dengan wajah yang polos saya mendaftar. Akhirnya setelah satu bulan menunggu tes, saya lulus pilihan 2  yaitu fisika sains. Pas masuk mungkin saya orang paling deso. tetapi kalo dari segi belajar saya masih bersaing. hahahha ^_^. Ketika saya keterima di UIN BDG saya mulai bekerja di paman sebagai pedagang pisang. lumayan buat jajan :). senang dan sedih menjadi pedagang saya rasakan selama 2 tahun. bekerjanya mulai dari jam 2 malam sampai jam 5 sore. kecuali lagi ada jadwal kuliah. setelah beres dagang saya beres2 rumah paman mulai dari bersihin lantai, cuci piring dan jagain toko. Jika waktu sudah magrib, saya mulai ngajar mengaji anak2 di mesjid. Huh.....h. Rutinitas seperti itu saya lakukan selama 2 tahun.

Semester 5 saya mulai ngontrak di aljawami, karena pada waktu itu kampus sedang direnovasi. Ketika ngontrak, kemudian saya membuka target hidup saya dalam kertas yang saya tulis ketika waktu OPAK di kampus. Isi kertas tersebut adalah
Saya harus

1. Membeli HP
2. Membeli Laptop 
3. Membeli modem

Luar biasa sekali tidak terasa target tersebut saya capai dengan tidak sadar. saking semangatnya kemudian saya membuat target lagi yang isinya:

1. Lulus 3,5 tahun
2. Membuat paper Nasional dan Internasional
3. Membeli motor
4. Melanjutkan S2
5. Tunangan kalo sudah siap
6. Bekerja apapun
7. Menulis buku

Setelah saya lulus, ternyata target itu mulai tercapai juga tanpa saya pikirkan. saya lulus 3,5 tahun, terus menerbitkan 13 paper nasional dan internasional yang terindexs Scopus, uang buat beli motor sudah ada di tangan meskipun motor yang jadul . wkwkwkwk. Tawaran S2 untuk melanjutkan studi di Malaysia sudah ada. meskipun ketika saya menulis pada blog ini belum ada pengumuman. setidaknya sudah ada harapan. hahah yang paling lucu tunangan, karena saya tidak punya uang banyak untuk melakukan itu. tetapi sudah dapet restu dari mertua. saya menjadi semngt bisa di terima oleh keluarganya. ^_^. hahah cerita yang satu ini membuat saya senang sekali. tetapi saya tidak akan menceritakanya. hehehe. Sebelum lulus sudah bekerja di perusahaan dosen yang dirintis yaitu bolabot (CV Sanjaya star Group) yang bergelut di dunia robot dan bimbel.  Alhamdulillah semua yang say tulis 90 % tercapai kecuali menulis buku. ya mudah2n tahun ini bisa mulai menulis buku.

Pengalaman akademik selama kuliah diantaranya:

1. Asisten Fisika dasar I (semester 3)
2. Asisten Fisika dasar II (semester 4)
3. Koordinator Asisten  Fisika dasar I (semester 5)
4. Koordinator Asisten  Fisika dasar II (semester 6)
5. Koordinator Asisten Komputasi  Robotik (semester 6)
6. 4 paper internasional, 3 diantaranya indexs Scopus.
7. Dapet 3x beasiswa

Akhirnya pada bulan maret 2013 saya melakukan wisuda. luar biasa perjuangan selama 3,5 tahun ini memberikan pengalaman yang sangat bersejarah dalam hidup ku. Sekarang saatnya saya bekerja keras supaya cepat sukses. Semangatz ^_^    






Kamis, 20 Juni 2013

Prinsip Kerja Motor DC

Motor Dc adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Motor Dc terbagi menjadi dua jenis, yaitu: motor DC yang bersifat mekanis dimana motor yang memiliki sifat karbon berfungsi sebagai pengubah arus pada kumparan sehingga arah tenaga putaran motor akan selalu sama. Motor DC tanpa sikat, menggunakan semikonduktor utuk merubah maupun membalik arus sehingga layaknya pulsa yang menggerakan motor tersebut. Biasa digunakan dalam sistem servo, karena mempunyai efesiensi tinggi dan tingkat kebisingan suara listrik rendah dan tingkat kebisingan suara listrik rendah.

Motor DC memerlukan suplai tegangan yang searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi mekanik. Bagian utama motor DC adalah stator dan rotor dimana kumparan medan pada motor DC disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Bentuk motor paling sederhana memiliki kumparan satu lilitan yang bisa berputar bebas di antara kutub-kutub magnet permanen. Mekanika motor Dc dideskripsikan oleh Gambar  dibawah ini:

Catu tegangan Dc dari baterai menuju ke lilitan melalui sikat yang menyentuh komutator, dua segmen yang terhubung dengan dua ujung lilitan. Kumparan satu lilitan pada gambar di atas disebut angker dinamo. Angker dinamo adalah sebutan untuk komponen yang berputar di antara medan magnet.

Jika arus lewat pada suatu konduktor, timbul medan magnet di sekitar konduktor. Arah medan magnet ditentukan oleh arah aliran arus pada konduktor. Medan magnet yang membawa arus mengelilingi konduktor dapat dilihat pada Gambar di bawah ini:

Aturan genggaman tangan kanan bisa dipakai untuk menentukan arah garis fluks di sekitar konduktor. Genggam konduktor dengan tangan kanan dengan jempol mengarah pada arah ali-ran arus, maka jari-jari anda akan menunjukkan arah garis fluks. Gambar diatas menunjukkan medan magnet yang terbentuk di sekitar konduktor berubah arah karena bentuk U. Medan mag-net hanya terjadi di sekitar sebuah konduktor jika ada arus mengalir pada konduktor tersebut.

Jika konduktor berbentuk U (angker dinamo) diletakkan di antara kutub utara dan selatan yang kuat medan magnet konduktor akan berinteraksi dengan medan magnet kutub. Reaksi fluks dijelaskan pada Gambar  di bawah ini:

Lingkaran bertanda A dan B merupakan ujung konduktor yang dilengkungkan (looped con-ductor ). Arus mengalir masuk melalui ujung A dan keluar melalui ujung B. Medan konduktor A yang searah jarum jam akan menambah medan pada kutub dan menimbulkan medan yang kuat di bawah konduktor. Konduktor akan berusaha bergerak ke atas untuk keluar dari medan kuat ini. Medan konduktor B yang berlawanan arah jarum jam akan menambah medan pada kutub dan menimbulkan medan yang kuat di atas konduktor. Konduktor akan berusaha untuk bergerak turun agar keluar dari medan yang kuat tersebut. Gaya-gaya tersebut akan membuat angker dinamo berputar searah jarum jam.

Pada motor DC, daerah kumparan medan yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet yang melingkupi kumparan jangkar dengan arah tertentu. Konversi dari energi listrik menjadi energi mekanik (motor) maupun sebaliknya berlangsung melalui medan magnet, den-gan demikian medan magnet disini selain berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan energi, sekaligus sebagai tempat berlangsungnya proses perubahan energi, daerah tersebut dapat dilihat pada Gambar dibawah ini:




Agar proses perubahan energi mekanik dapat berlangsung secara sempurna, maka tegangan sumber harus lebih besar daripada tegangan gerak yang disebabkan reaksi lawan. Dengan mem-beri arus pada kumparan jangkar yang dilindungi oleh medan maka menimbulkan perputaran pada motor.

Untuk menentukan arah putaran motor digunakan kaedah Flamming tangan kiri. Kutub-kutub magnet akan menghasilkan medan magnet dengan arah dari kutub utara ke kutub selatan. Jika medan magnet memotong sebuah kawat penghantar yang dialiri arus searah dengan empat jari, maka akan timbul gerak searah ibu jari. Gaya ini disebut gaya Lorentz, yang besarnya sama dengan F.

Prinsip motor adalah aliran arus di dalam penghantar yang berada di dalam pengaruh medan magnet akan menghasilkan gerakan. Besarnya gaya pada penghantar akan bertambah besar jika arus yang melalui penghantar bertambah besar.

Menyelesaikan Solusi dari Superposisi gelombang menggunakan MATLAB

Superposisi gelombang terjadi apabila dua gelombang atau lebih merambat pada medium yang sama. Maka, gelombang-gelombang tersebut akan datang di suatu titik pada saat yang sama sehingga terjadilah superposisi gelombang. Artinya, simpangan gelombang-gelombang tersebut di tiap titik dapat dijumlahkan sehingga akan menghasilkan sebuah gelombang baru.

Jika diketahui:
y1=10*sin(2*pi*15+5)
y1=20*sin(2*pi*10+10)
y3=y1+y2 

Maka Source code untuk superposisi gelombang tersebut adalah sebagai berikut:

clc
clear
close

t=0:0.001:1;
disp (' ')
a1=input('masukan besar Amplitudo gelombang pertama=');
f1=input('masukan besar frekuensi gelombang pertama=');
theta1=input('masukan besar sudut gelombang pertama=');

disp (' ')
a2=input('masukan besar Amplitudo gelombang kedua=');
f2=input('masukan besar frekuensi gelombang kedua=');
theta2=input('masukan besar sudut gelombang kedua=');

disp(' ')
disp('==================================')
disp('==TEKAN ENTER UNTUK MEMPEROLEH SOLUSI==')
disp('==================================')
disp (' ')
pause
y1=a1*sin(2*pi*f1*t+theta1)
y2=a2*sin(2*pi*f2*t+theta2)

y3=y1+y2

figure
subplot(3,1,1)
plot(t,y1,'g:')
xlabel ('Waktu(s)');
ylabel('Amplitudo');
title('Gelombang pertama')

subplot(3,1,2)
plot(t,y2,'g:')
xlabel ('Waktu(s)');
ylabel('Amplitudo)');
title('Gelombang kedua')

subplot(3,1,3)
plot(t,y3,'g:')
xlabel ('Waktu(s)');
ylabel('Amplitudo)');
title('Gelombang superposisi')
 

Membuat GUI untuk Gerak Parabola menggunakan MATLAB

Gerak parabola merupakan gerak benda dengan lintasan berbentuk parabola (setengah lingkaran). Gerak parabola adalah gabungan dari 2 buah jenis gerakan yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) yang arahnya mendatar dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yang arahnya vertikal. Gerak vertikal dipengaruhi oleh percepatan gravitasi sehingga kecepatannya akan selalu berubah .Untuk membuat GUI gerak parabola. Maka pertama kita mengetikan "guide" di commond windows. sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini:


Selanjutnya Klik ok. Kemudian pilih button group untuk membuat tampilan input dan output. Sehingga tampilanya seperti berikut:
Selanjutnya klik ststistic Text dan rubah inputan dan output di variable string. maka tampilanya seperti dibawah ini:

Selanjutnya klik edit text. Kemudian untuk kolom string kita kosongkan semuanya. Nah disini kita akan membuat callback program. untuk kec_awal pada kolom Tag kita isi dg v0, untuk sudut pada kolom Tag kita isi dg sudut, untuk waktu pada kolom Tag kita isi dg waktu, untuk gravitasi pada kolom Tag kita isi dg gravitasi, untuk kec_akhir pada kolom Tag kita isi dg velocity, untuk x pada kolom Tag kita isi dg px, untuk y pada kolom Tag kita isi dg py, untuk xmax pada kolom Tag kita isi dg xmax dan  untuk ymax pada kolom Tag kita isi dg ymax. maka tampilanya seperti berikut:


Kemudian selanjutnya klik axes. kemudian ganti axes1 menjadi grafik pada kolom Tag. Seperti tampilan dibawah ini:

Kemudian selanjutnya klik pushbutton. buat dua pushbutton. satu untuk hitung satu lagi untuk exit. Untuk pushbutton pertama kita ubah string sama tag dengan kata hitung. begitu juga exit: Untuk Tampilan bisa dilihat seperti dibawah ini:


Setelah beres. Kemudian klik Run untuk mejalankan sistem. Kemudian save. setelah itu hasil GUI anda close. kemudian anda masukan source code pada function Hitung_Callback(hObject, eventdata, handles) sebagai berikut:

proyek=guidata(gcbo);

v0=str2double(get(proyek.v0,'String'));

sudut=str2double(get(proyek.sudut,'String'));

waktu=str2double(get(proyek.waktu,'String'));

gravitasi=str2double(get(proyek.gravitasi,'String'));

v0x=v0*cos(sudut*pi/180);

v0y=v0*sin(sudut*pi/180);

vy=v0y-gravitasi*waktu;

tx=2*v0*sin(sudut*pi/180)/gravitasi;

if (waktu>tx)

msgbox('waktu melebihi maksimal,inputkan nilai waktu yang lain');

else

v=sqrt(v0x^2+vy^2);

set(proyek.velocity,'String',num2str(v));

x=v0x*waktu;

y=v0y*waktu-0.5*gravitasi*(waktu^2);

tinggi=v0^2*((sin(sudut*pi/180))^2)/(2*gravitasi);

jauh=v0^2*sin(2*sudut*pi/180)/gravitasi;

set (proyek.py,'String',num2str(y));

set (proyek.px,'String',num2str(x));

set(proyek.ymax,'String',num2str(tinggi));

set(proyek.xmax,'String',num2str(jauh));

xx=0:x;

yy=xx*(tan(sudut*pi/180))-0.5*gravitasi*(xx.^2)/(v0*cos(sudut*pi/180))^2;

for i=1:x

axes(handles.grafik);

plot(xx(i),yy(i),'*','linewidth',2);

axis([0 (jauh+5) 0 (tinggi+5)]);

grid on

pause(0.01);

end

axes(handles.grafik);

plot(xx,yy,'*','linewidth',2);

axis([0 (jauh+5) 0 (tinggi+5)]);

grid on

end

Setelah memasukan source code tersebut. kemudian anda Run source code tersebut pada file editor. Sehingga muncul tampilan



Selanjutnya kita isi input sesuai yang kita inginkan. Kemudian kita klik Hitung maka akan muncul tampilan seperti ini:

Menyelesaikan sistem persamaan differensial dengan metode RK 4 Menggunakan MATLAB

Sprott mempunyai beberapa bentuk fungsi sederhana tiga dimensi sistem dinamis yang menunjukkan chaos. Beberapa persamaan  jerk ditemukan memiliki fungsi nonlinier sederhana yang harus memungkinkan implementasi elektronik.Persamaan jerk telah dipilih  oleh Spott sebagai berikut:


Dimana Persamaan  ini memiliki sistem non-linear  dalam bentuk modulus variable dinamik. Persamaan perilaku chaos ini (untuk a=0.6 dan b = 1) telah diverifikasi oleh Sprott dan Linz  dengan menerapkan kondisi awal 0. Solusi numerik yang diperoleh dapat berupa diagram fasa dan diagram time series. Dengan menganalisis diagram fasa dan time series dari sistem, dapat diamati lintasan dari sistem tersebut yang kemudian dapat diklasifikasikan jenis geraknya.Source code untuk memecahkan sistem persamaan diferensial diatas adalah menggunakan RK4 sebagai berikut:

Fungsi M-File Jerk Sirkut
function dx=jerkcircuit(t,x)
a=0.6;
b=1;
dx=zeros(3,1);
dx(1)=x(2);
dx(2)=x(3);
dx(3)=-a*x(3)-b*x(2)+abs(x(1))-1;

return

Script Eksekusi Program M-File Jerk Sirkuit

tspan=[0 300];
y0=[0 0 0];
[t,y]=ode45('jerkcircuit',tspan,y0);
figure(1)
plot(t,y(:,2))
figure(6)
plot(t,y(:,3))
figure(2)
plot(y(:,1),y(:,2))
figure(3)
plot(y(:,1),y(:,3))




Sabtu, 15 Juni 2013

Menyelesaikan Logika Fuzzy mamdani Menggunakan Matlab

Diketahui curah hujan mempunyai tiga himpunan keanggotaan yaitu gerimis (0 mm - 50 mm), sedang (25 mm - 75 mm) dan deras (75 mm - 100 mm). Lama hujan mempunyai empat himpunan keanggotaan yaitu sebentar (0 menit - 60 menit), (0 menit - 60 menit), cukup lama (25 menit - 80 menit), lama (60 menit - 90 menit) dan lama sekali >90 menit. Debit sungai mempunyai tiga himpunan keanggotaan yaitu rendah (0 m^3/s- 7 m^3/s), sedang (4 m^3/s- 10 m^3/s) dan tinggi (10 m^3/s- 15 m^3/s). Output yang dicari adalah prediksi banjir yang meliputi 3 himpunan keanggotaan yaitu Tidak banjir (0 m-0.5 m),Banjir sedang (0,4 m-0.8 m) Banjir besar >0,8 m. Untuk memulai perhitungan ketik "fuzzy" di common window. Sehingga muncul tampilan sebagai berikut.

 
Klik edit-add variable-input untuk menentukan banyaknya input yang kita inginkan. Dan klik edit-add variable-output untuk menentukan output yang kita inginkan seperti tampilan dibawah ini


Klik curah hujan 2 kali. kemudian masukan himpunan fungsi keanggotaan berdasarkan data di atas. untuk model trapesium gunakan trapezoida dan untuk segitiga gunakan trim dengan range 0-100. Untuk menambahkan inputan di membership function editor. klik edit-MFs. Sehingga diperoleh tampilan sebagai berikut : 


Klik lama hujan 2 kali. kemudian masukan himpunan fungsi keanggotaan berdasarkan data di atas. untuk model trapesium gunakan trapezoida dan untuk segitiga gunakan trim dengan range 0-130. Untuk menambahkan inputan di membership function editor. klik edit-MFs. Sehingga diperoleh tampilan sebagai berikut : 


Klik debit sungai 2 kali. kemudian masukan himpunan fungsi keanggotaan berdasarkan data di atas. untuk model trapesium gunakan trapezoida dan untuk segitiga gunakan trim dengan range 0-15. Untuk menambahkan inputan di membership function editor. klik edit-MFs. Sehingga diperoleh tampilan sebagai berikut :


Klik predikdi banjir 2 kali. kemudian masukan himpunan fungsi keanggotaan berdasarkan data di atas. untuk model trapesium gunakan trapezoida dan untuk segitiga gunakan trim dengan range 0-1,5. Untuk menambahkan inputan di membership function editor. klik edit-MFs. Sehingga diperoleh tampilan sebagai berikut :


Setelah selesai membuat inputan dan outputan, selanjutnya membuat aturan-aturan berdasarkan kepakaran.Klik edit-Rules dan tulis aturan berdasarkan input dan output yang kita buat. Maka diperoleh tanpilan sebagai berikut.


Setelah aturan dibuat. kemudian kita klik pada Rule-editor yaitu view-Rules maka muncul tampilan dibawah ini.

Jika ingin melihat grafik maka klik view-surface pada tampilan Rule Viewer. Untuk menyimpan file tersebut. Maka kita klik File-Export-To file Seperti tanpilan dibawah ini.

Senin, 10 Juni 2013

Seminar Nasional dan Workshop Robot Kontrol Digital di UIN Bandung

Seminar Nasional  merupakan salah satu agenda tahunan Bolabot Techno Robotic Institute yang diselenggarakan pada tahun 2013. Bolabot Techno Robotic Institute bekerjasama dengan Forum Himasaifi, Komputasi dan Robotika UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  akan mengadakan seminar dengan tema "Peranan Aplikasi Soft Computing dan Teknologi Robotika Dalam Era Modern". Seminar akan dihadiri oleh Pembicara dari berbagai lembaga riset dan Universitas. Seminar ini diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran informasi antara peneliti, peneliti dengan industri yang dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan kesinambungan dan perkembangan teknologi yang tepat untuk diterapkan di industry dan masyawarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemudahan masyarakat di era modernisasi. Untuk maksud tersebut, Panitia Bolabot Techno Robotic Institute mengundang para akademisi dan praktisi untuk menulis makalah.

Dalam acara ini ada sekitar 21 makalah yang sudah dipresentasikan dari berbagai bidang kajian keilmuan. Seperti komputasi, material, Robotika, image processing, soft komputing dsb. Ke 21 makalah tersebut, jika lolos dari editor akan diterbitkan dalam jurnal bolabot yang akan terbit tanggal 1 Juli 2013. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa maupun peneliti dalam mengembangkan keilmuanya. Bukan hanya sekedar buku yang berjejeran di perpustakaan. tetapi lebih difokuskan pada publikasi dan konsumsi orang banyak dalam memanfaatkan jurnal elektronik.

Selain itu, Untuk meningkatkan kreativitas para peneliti, kami membuat sebuah acara Workshop Robot kontrol digital dengan memberikan pengarahan secara teori, simulasi dan eksferimen. Selain itu, mahasiswa diberi modul dan software dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Kami berharap bisa memajukan keilmuan di Indonesia meskipun dengan cara yang sangat sederhana ^_^.  KAMI CINTA INDONESIA








Seminar dan Workhshop Robotika Line Follower Digital di Pendidikan Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung



Acara workshop Robotika Line Follower digital di UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerja sama dengan bolabot Techno Robotic Institute dalam pembuatan robot line follower digital. Dalam pelatihan tersebut peserta akan mendapatkan modul materi berupa teori dasar tentang robot line follower digital, Software Proteus dan CV AVR, perakitan robot, pengaturan/setting robot, hingga simulasi lomba sesuai dengan rule dan track (arena)  Selain itu peserta juga akan mendapatkan tips dan trik dalam merakit Robot sehingga mendapatkan gambaran mengenai kompetisi robot.
 Dengan mengikuti pelatihan ini, Mahasiswa mempunyai bekal yang cukup untuk bisa mengembangkan teori, simulasi dan eksferimen robot yang telah dibuat. Selain itu, diharapkan mahasiswa dapat memberikan pengajaran kepada  siswa-siswa di sekolah dasar.  Apabila prestasi terbaik berhasil diraih tentunya akan semakin meningkatkan nama baik sekolah di mata masyarakat umum.
Pelatihan ini diikuti oleh 100 mahasiswa Fisika semester 6, acara tersebut dibuka oleh Dekan fakultas Sains dan Teknologi kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua jurusan fisika. Kegiatan inti terdiri dari teori, simulasi dan rancang bangun robot. Kami berharap dengan diadakanya acara ini bisa memberikan manfa'at bagi calon-calon guru untuk mengembangkan dan memperkenalkan robot di sekolah SD-SMA
















 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan